IPK VS ORGANISASI

Selasa, 16 Maret 2015

Mahasiswa mana yang sampai saat ini tidak tahu BEM UNIVERSITAS KARIMUN, Unit kegiatan MAPALA, Himpunan Mahaiswa,, dan lainnya. Semua mahasiswa mengenalinya, namun yang menjadi permasalahannya mahasiswa hanya kenal tanpa mau menyelami. Apa penyebab dari mereka yang tahu namun tidak ingin masuk berorganisasi ? Jawabannya beragam. Tapi yang mendominasi adalah terlalu terpaku IP/IPK !
(Indeks Prestasi) IPadalah parameter keberhasilan mahasiswa dibidang akademik. IP menjadi penting untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ataupun sebagai syarat masuk kerja. Beberapa mahasiswa mengejar IP tinggi sebagai pembuktian kemampuan diri. Sayang beribu kali sayang, ketika mahasiswa pragmatis menganggap IP sebagai tujuan kuliah. Jadi kalau IPbagus artinya kuliah sukses. Padahal makna kuliah sendiri adalah pelajaran.
IP tinggimemang menunjukkan bahwa mahasiswa sukses dibidang akademik, sebagai pembuka untuk kesempatan kerja. Tapi pada kenyataannya IPtidak digunakan lagi selain itu. Nyatanya, pada wawancara kerja yang dinilai adalah pengalaman organisasi, tekad, manajemen, cara menghargai, publik speaking dan banyak lagi yang kesemuanya adalah ada di dalam berorganisasi. Singkatnya, IPmemberi banyak peluang dan pengalaman organisasiadalah ‘ jaminan ‘. Setidaknya keduanya harus seimbang. Masalah waktu juga bukan menjadi alasan untuk tidak berorganisasi karena didalam berorganisasidiajarkan manajemen waktu.
“ bila dikaitkan dengan fungsi lain dari kampus sebagai agen perubahan (agent of change), maka peran para mahasiswa aktivis tak dapat dilihat dengan sebelah mata. Mereka selalu menjadi motor penggerak dalam menyuarakan aspirasi masyarakat dalam menyikapi tuntutan-tuntutan kritis masyarakat dan permasalahan sosial, ekonomi, politik hingga kampusnya sendiri. “ (Ahmad Basuki)
Yang di harapkan masyarakat Indonesia saat ini adalah sarjana-sarjana yang handal, cerdas, peduli dan berjiwa sosial tinggi. Untuk itu, tulisan ini mengharapkan kepada semua mahasiswa Universitas Karimunterlebih Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautanuntuk masuk ke dalam unit organisasi di kampus yang kita cintai ini. Karena didalam kuliah kita tidak hanya bisa mendapat ilmu pengetahuan, tapi juga ilmu kehidupan.
INGAT !!!, IPhanya membuka peluang, dan yang menjadi jaminan adalah skill. Apakah orang sukses selalu tercantum IP dalam biografinya ?? Tapi pasti tercantum pengalaman organisasi dan pengalaman hidupnya “
HIMA – MKP UNIVERSITAS KARIMUN

Posting Komentar

0 Komentar