Paham Mahasiswa Terhadap Organisasi

Secara hakekat organisasi yang diikuti pemuda dan mahasiswa tidak memberikan kontribusi berarti bila di pandang dari jangka pendek. Karena akan mengorbankan kuliah, tugas, waktu, materi dan sebagainya. Artinya, segala sesuatu terpusat hanya pada organisasi dan yang lebih penting terabaikan. Semua itu akan berbanding terbalik bila melihat kedepannya. Sebab, di organisasi kita diajarkan manajemen waktu walau sebenarnya tidak diajarkan dari senior atau ahli, melainkan dari proses mengikuti kegiatan organisasi itu sendiri.

Memang, keengganan mereka menerjuni dunia organisasi tampaknya di pengaruhi oleh nilai IP, inilah masalah yang mendominasi. Mereka khawatir akan anjlok bila mengikuti organisasi. Pada dasarnya IP (Indeks Prestasi) adalah parameter mahasiswa dalam kemampuan rasio, dan organisasi adalah wadahnya. Jadi saya fikir semua mahasiswa wajib mengikuti organisasi. Ini terlihat ekstrem bagi sebagian mahasiswa. Akan tetapi ini sejalan dengan sifat mahasiswa yang kritis, dimana ide-ide kreatif akan dapat tertuang di dalam wadah tersebut, terlebih mahasiswa adalah agen perubahan.

Bila mengacu pada sejarah, lengsernya Suharto disebabkan oleh bersatunya seluruh mahasiswa yang dikenal dengan Gerakan Mahasiswa Indonesia tahun 1998. Jauh sebelum presiden Indonesia ke dua ini hidup, pemuda di kalangan mahasiswa berbondong-bondong memasuki hingga membentuk organisasi demi menghalau penjajah. Kini, mahasiswa sekarang sudah tidak seperti mahasiswa dulu, sudah kehilangan taring. Jika pun ada itu hanya sebagian, tidak seperti dahulu yang bersatu padu untuk merebut demokrasi. Sampai-sampai sang proklamator pun dapat di tumbangkan.

“Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia” kata Bung Karno. Seandainya ia hidup kembali dan memanggil pemuda, maka pastikan kita 1 diantara mereka. Tapi itu tidak mungkin terjadi, dan sekarang waktunya mahasiswa mencontohi sikap Bung Karno yang banyak mengikuti organisasi nasional maupun internasional. Berkat kepiawan beliau Indonesia telah banyak dikenal di seluruh dunia, bahkan dikenal dengan negara yang selalu memelopori suatu organisasi internasional.
Salam Pergerakkan!!

Posting Komentar

0 Komentar