Mau Rakyat Sejahtera? Daerah Perlu Rencanakan Bangun Jembatan Antarpulau

Pelabuhan rakyat antarpulau Boom Panjang KPK Ini menjadi salah satu penghubung masyarakat antarpulau di Kabupaten Karimun
  KabupatenKarimun adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau Indonesia. Namanya kepulauan, maka daerah ini terdapat banyak pulau yang terpisah-pisah dengan lautan.
Ibu kota Kabupaten Karimun terletak di Pulau Karimun. Luas wilayah daerah ini 7.984 km², dengan daratan 1.524 km² dan lautan 6.460 km². Kabupaten Karimun terdiri dari 198 pulau dengan 67 diantaranya berpenghuni. Karimun memiliki jumlah penduduk sebanyak 174.784 jiwa. 
Dengan kondisi pulau- pulau yang terpisah oleh lautan, maka sudah saatnya kabupaten ini memikirkan untuk mencapai pemerataan pembangunan serta prinsip pembangunan berkeadilan.
Jembatan untuk menghubungkan antara satu pulau dengan pulau yang lainnya, sudah sangat terasa diperlukan. 
Langkah strategis dengan adanya pembangunan jembatan pastinya akan menberikan kontribusi yang besar khusus untuk pemerintah daerah, dan tentunya bagi masyarakat Karimun itu sendiri.
Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan pemerintah maupun masyarakat jika jembatan penghubung tersebut dibangun;  
-Sektor perekonomian masyarakat meningkat.
Jika jembatan penghubungan antarpulau dibangun tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya banyaknya masyakarakat yang di luar pulau karimun bekerja sebagai petani maupun bekerja sebagai nelayan.
Tentunya dengan adanya jembatan, masyarakat dengan mudah menjual segala macam hasil tani atau tangkapan ikan atau yang lainnya tanpa harus menunggu waktu yang lama untuk menjual ke pusat kota Karimun yang notabenenya sebagai pusat perekonomian masyarakat Karimun. 
Tentu hal ini disuarakan karena seringkali masyarakat yang ingin mendistribusikan barang-barang mereka ke pasar masih saja menunggu dengan waktu yang lama karena terhambat dengan jadwal keberangkatan kapal.
Faktor cuaca di laut tentunya menjadi penghambat gerak cepatnya perputaran ekonomi masyarakat yang ada di Karimun, khususnya di luar pulau Karimun. Jika ada jembatan penghubung antarpulau, maka masyarakat bisa bergerak lebih cepat tanpa batasan waktu.
Semakin meningkat perekonomian masyarakat maka semakin meningkat pula kesejahteraan masyarakat. 
-Kebutuhan pelayanan pendidikan dan kesehatan.
Selain perekonomian meningkat, kebutuhan pelayanan kesehatan dan pendidikan juga menjadi penghambat masyarakat Karimun saat ini. Menggunakan kapal laut (pompong) pada malam menyulitkan masyarakat pulau mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Maka saat ini saya menyadari andai saja karimun punya jembatan penghubung antar pulau mungkin saja akan lebih efektif dan efisien menuju rumah sakit andai saja keadaan darurat terjadi pada masyarakat luar pulau Karimun dan pastinya akan lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batasan ruang dan waktu.

Dalam hal pendidikan, masyarakat yang menyekolahkan anak-anak mereka untuk melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi seperti SMP maupun SMA akan lebih mudah. Yang hingga saat ini masih ada juga masyarakat yang tidak menyekolahkan anaknya karena harus menyebrang laut dan tentu Karimun perlu akses penghubung. (*)

Posting Komentar

0 Komentar