Ketua PMII Karimun Jelaskan Makna Sikap Profesional

Aminuddin Ma'ruf (Ketua PB PMII) dan Parizal (Ketua PC PMII Kabupaten Karimun)

Profesional merupakan kata yang sangat lazim kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya kata tersebut sering kita ucapkan dalam berinteraksi bersama teman, masyarakat dan bersama lainnya. Profesional menurut Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepandaian khsusus untuk menjalankannya, sedangkan menurut Lisa Anggraeny profesional adalah suatu tuntunan bagi seorang yang sedang mengemban amanahnya agar mendapatkan proses dan hasil yang optimal.

Pada dasarnya profesional merupakan orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan. Profesional biasa dicirikan dengan memiliki kemapuan yang cukup baik, bertanggung jawab serta mempunyai integritas yang tinggi. Bertindak dan bersikap profesional dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting karena akan menjadi sebuah nilai dan tolak ukur kepribadian seseorang.

Kini profesional tidak hanya berfokus kepada profesi semata yang di kuasai. Akan tetapi profesional telah menjadi kata yang sangat luas yang mencakup segala aspek kehidupan sehari-hari. Seperti bersikap profesional dalam menjalankan tugas, pengambilan keputusan yang benar-benar baik tanpa harus mementingkan kepentingan individu maupun kelompok. Jadi sudah sangat jelas sekali bahwa bersikap profesional bukan hanya didalam dunia pekerjaan akan tetapi mencakup pada setiap aktivitas yang kita jalani.

Orang-orang yang komitmen dan terus berusaha bersikap profesional biasanya mengalami tantangan yang sangat besar. Ada fase dimana akan merasakan posisi yang sangat dilematis yang akan di hadapi. Misalnya seseorang yang dipercaya menjadi pemimpin sebuah perusahaan yang dituntut mencari profit besar untuk perusahaan, ketika mengambil keputusan yang baik tetapi memberikan dampak buruk yang terhadap orang lain. Padahal apa yang telah dilakukannya adalah sebagai bentuk dari profesional dalam bekerja sesuai dengan tugas yang telah di amanahkan. Inilah yang terkadang menjadi sebuah tantangan.

Lalu bagaimanakah dengan kita saat ini..? apakah kita sudah bersikap profesional dalam bekerja atau menjalankan aktivitas kita sehari-hari baik di pemerintahan, organisasi, maupun didunia kampus. Beranikah kita sebagai seorang aktivis mahasiswa berbicara karena ada kesalahan fatal yang dilakukan senior, dosen bahkan rector kita..? Mampukah kita sebagai seorang aparat menegakan hukum seadil-adilnya meski yang salah adalah teman sejajaran pimpinan daerah maupun nasional. Mampukah kita sebagai seorang pemimpin negeri mengatakan dengan tegas antara yang benar dan yang salah tanpa harus segan karena dia berjasa. Ketika kita ragu untuk menjawab maka otomatis kita masih belum bisa bersikap profesional.
Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita bersikap profesional baik dalam bekerja maupun beraktifitas lainnya. Tentunya akan terbentuk karakter maupun sikap mental yang baik dalam menyikapi masalah. Menjadi sosok yang bijaksana dan tentunya ahli dalam setiap pekerjaan yang dihadapi. tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan. Jadi bersikaplah profesional lah dalam segala tindakan maupun sikap tentu manfaatnya akandatang dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat
Salam pergerakan..
Parizal ( Ketua Umum PC PMII Kabupaten Karimun )

Posting Komentar

0 Komentar