Jika Nikah Adalah Ibadah ?


Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qabul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh islamm Kata zawaj digunakan dalam al-Quran artinya adalah pasangan yang dalam penggunaannya pula juga dapat diartikan sebagai pernikahan, Allah menjadikan manusia itu saling berpasangan, menghalalkan pernikahan dan mengharamkan zina.

Menikah adalah identitas manusia yang membedakannya dengan hewan. Ketika ada ketertarikan satu sama lain hewan melakukan hubungan intim dimana saja dan hal tersebut kita katakan dengan kawin. Untuk manusia hal tersebut di haramkan sehinggalah harus ada sebuah ritual yang langsung disaksikan oleh Allah SWT. Hanya untuk menghalalkan syahwat yang telah memuncak pernikahan sanggup dilakukan oleh sebagian orang. Lalu yang tidak sanggup dengan memilih jalan haram. Apakah akibat hal ini menjadi mereka menjadi penyakit sosial. Agaknya bukan faktor dengan biaya pernikahan saja melainkan banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yakni akibat pergaulan bebas, kebiasaan buruk yang tidak hilang, perubahan teknologi yang tidak terkontrol, dan hawa nafsu yang sedang menggebu-gebu.

Mengenai urusan terakhir ini para ulama kontemporer menganjurkan untuk segera melakukan praktek pernikahan tersebut. Karena untuk mencegah akan adanya perkawaninan diluar nikah. Pemuda di zaman ini telah banyak melakukan perilaku yang tidak mencerminkan ajaran islam. Pacaran di anggap jalan keluar menuju pernikahan. Lalu sebuah kata cinta menjadi landasan untuk berpacaran yang bermuara lahirnya sebuah kasih syahwat, bukan menciptakan kasih sayang yang sesugguhnya.

Bukan itu saja manfaat yang di dapat jika menikah di usia muda, rezeki yang tak disangka-sangka akan hadir di dalam pernikahan yang masih seusia jagung. Kemudian rasa tidak percaya diri akan keadaan sosial sekarang seakan menjadi tembok besar. Sebaiknya digantikan dengan rasa tawakal dan serahkan semuanya kepada Allah SWT. Tetapi tidak menutupkemungkinan peranan orang tua untuk mengingkan calon yang baik hari ini menjadi prioritas dari seorang anak untuk kelangsungan di hari kelak. Dan ridho orangtua pun dianggap manjur jika diikuti dan dilaksanakan. Namun bukankah menikah itu ibadah, ibadah yang hanya dilakukan sekali atau lebih -jika ingin- dan akan termasuk dari golongan nabi Muhammad SAW. Segala sesuatu yang berhungan dengan sunnah, para setan pasti akan melakukan segala cara demi menggagalkannya. Begitulah tugas setan salah satunya dengan menghambat pertumbuhan umat islam untuk berkembang hidup di muka bumi ini.

Lalu jika masih ada keraguan segera beralihlah untuk menguasai diri agar tidak terlalu lama berkutat dengan masalah tersebut. Dari pada nanti terjerumus ke lubang hitam lagi pekat dan meninggalkan bekas yang sulit dihapuskan.

Posting Komentar

0 Komentar