Tutorial Untuk Menjadi Blogger

Bagi anda yang benar-benar baru dalam dunia blogging, anda mungkin bingung menentukan titik awal proses belajar anda, dari mana harus memulai, materi apa saja yang harus dikuasai, serta berbagai kemampuan lainnya yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger. Untuk tujuan inilah halaman Tutorial Blogger Pemula ini saya terbitkan. Pada halaman ini, anda akan mendapatkan berbagai materi blogging yang telah telah disusun sedemikian rupa mulai dari materi blogger dasar hingga beberapa kegiatan yang mungkin bisa dikatakan sebagai kegiatan para blogger berpengalaman.


Quote:
Tidak ada batasan (tertinggi) untuk ilmu blogging. Mereka yang dicap sebagai blogger master tidak lain adalah mereka yang telah memiliki banyak pengalaman dibidang ini. Jadi, semua hanya masalah waktu dan proses ^_^.

Daftar isi:
  1. Manfaat menjadi blogger
  2. Persiapan awal blogging
  3. Mulai belajar materi blogger pemula

Apa sih manfaat jadi blogger ?

Kebanyak orang mungkin menganggap bahwa blogger hanyalah sebatas bentuk lain dari kegiatan penyalur hobi belaka. Tahukah anda bahwa ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang blogger yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda sebelumnya ?!. Sebelum kita masuk pada materi-materi blogging, terlebih dulu akan saya tinjau beberapa manfaat blogger yang bisa dikatakan cukup jarang ketahui.

1. Blog sebagai sumber penghasilan (Money Generator)

Ya, salah satu manfaat yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah bahwa blogger bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup (atau bahkan sangat) menjanjikan. Menariknya, untuk mulai membangun blog yang bisa menjadi aset penghasil uang di internet, anda bahkan tidak membutuhkan modal awal yang besar. Cukup dengan media yang biasanya digunakan sehari-hari (PC dan koneksi internet), anda sudah bisa memulai kegiatan ini. Masalah seberapa besar dan cepatnya anda bisa menghasilkan, ini tergantung dari keseriusan anda.

Lebih jauh tentang bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog / website mungkin akan saya bahas pada label khusus. Untuk sekarang. kita fokus pada mater-materi seputar pembangunan blog terlebih dahulu.

2. Blog sebagai Media promosi / Membangun jaringan

Jika anda mempunyai bisnis / usaha, membangun jaringan melalui media online adalah salah satu langkah yang sangat tepat dan blogger adalah salah satu media yang bisa anda gunakan untuk tujuan ini. Dengan membangun bisnis anda secara online, anda bisa merangkum jangkauan pasar yang jauh lebih luas dibandingkan dengan metode offline. Simpel saja, karena internet adalah untuk semua orang, hal ini juga "memungkinkan" kita untuk dapat mengakses semua orang melalui internet.

Salah satu poin dalam bisnis / usaha adalah kepercayaan. Menjadi seorang blogger juga merupakan cara yang sangat efektif untuk memperkenalkan diri dan mendapatkan kepercayaan pasar.

3. Blogger sebagai media penambah wawasan dan pengetahuan

Menjadi blogger merupakan cara yang baik untuk "menjadi pintar" (dalam tanda kutif) ^_^. Terlebih lagi untuk blogger yang berbasis sebagai penyedia informasi seperti misalnya tutorial, ilmu pengetahuan, berita dan lain sebagainya. Hal ini karena seiring dengan pembangunan blog anda, secara tidak langsung anda "dipaksa" untuk mempelajari sesuatu yang baru yang anda anggap menarik untuk dijadikan salah satu posting / artikel dalam blog anda.

Dalam kasus ini, umumnya blogger (yang baik) akan mempelajari apa yang akan mereka terbitkan pada blog mereka terlebih dahulu. Sederhananya, anda harus "Bisa" terlebih dulu sebelum anda dapat membuat orang lain menjadi "Bisa". Hal inilah yang secara tidak langsung akan meningkatkan keseriusan anda dalam mempelajari sesuatu.

Menjadi blogger juga akan meningkatkan daya pikir. Anda akan menemui banyak hal yang akan menuntut anda berpikir secara mandiri dan menemukan solusi dengan metode anda sendiri. Ya, dalam membangun sebuah blog yang berkualitas, proses belajar akan membawa anda pada pelatihan kreatifitas. What, why, how adalah 3 bentuk pertanyaan yang akan sering anda temui. Apa yang terjadi, mengapa itu bisa terjadi dan bagaimana proses penyelesaiannya.

Apa saja persiapan awal untuk menjalankan kegiatan blogging ?

Seperti yang telah saya singgung diatas, anda bahkan tidak membutuhkan modal awal (yang besar) untuk mulai menjalankan kegiatan blogging. Ini umumnya adalah hal yang (kemungkinan besar) juga/telah anda gunakan sehari-hari. Ya, untuk mulai menjalankan kegiatan blogging, persiapan awal yang harus anda miliki adalah:

  1. Media untuk mengakses internet
  2. Koneksi internet

Untuk media, walaupun beberapa smartphone sekarang ini sudah memiliki teknologi yang bisa menampilkan halaman web secara penuh (seperti tampilan PC), menggunakan perangkat mobile sebagai media dalam blogging sangat tidak disarankan. Ada banyak hal yang tidak bisa anda lakukan melalui perangkat mobile smartphone. Dengan kata lain, persiapan media yang harus anda miliki untuk menjalankan kegiatan blogging adalah berupa perangkat desktop (komputer, laptop atau netbook).

Mulai Belajar Materi Blogger Dasar (Pemula)

Untuk materi, mulailah belajar tahap demi tahap, dari yang sifatnya basik (dasar) hingga pengetahuan dan kemampuan tingkat tinggi. Untuk itu, pada halaman panduan blogger pemula ini, anda akan dituntun untuk mulai mempelajari berbagai materi terkait dunia blogging mulai dari NOL. Saya berharap, halaman tutorial blogger pemula ini sedikit banyak bisa membantu para pembaca yang masih bingung tentang bagaimana harus memulai kegiatan blogging. Sebisa mungkin setiap materi dan tutorial blogger ini saya susun seefektif mungkin. Mulai dari pengetahuan dan panduan dasar hingga berbagai kegiatan yang umumnya menjadi kegiatan para blogger berpengalaman ^_^.

Setidaknya ada 3 poin utama yang akan anda pelajari disini, yaitu:
  1. Belajar Blogger: Memahami bagaimana cara pengoperasian platform blogging yang digunakan (dalam hal ini adalah blogger.com)
  2. Belajar SEO blog (menjaring traffik / pengunjung)
  3. Sedikit pengetahuan / pembelajaran koding blogger (HTML, CSS dan Javascript)

Pada blog wiBlogger.com ini, ketiga poin diatas akan dipelajari secara bertahap. Selain itu, beberapa materi / pengetahuan yang akan anda dapatkan disini bisa dikatakan sudah keluar dari level pemula. Dengan kata lain, jika anda mengikuti setiap materi / panduan yang telah saya susun pada halaman ini (dengan syarat anda paham tentunya), anda mungkin sudah bisa dikatakan sebagai blogger tingkat menengah atau mahir ^_^.

PENTING:
Pelajari setiap materi / panduan ini secara bertahap. Ini karena umumnya setiap materi yang saya terbitkan pada tahap / level tertentu membutuhkan pemahaman pada materi-materi sebelumnya.

Belajar Blogger: Memahami berbagai fitur dan pengoperasian blogger.com
  1. Memahami Apa Itu Internet, Website, Blog, Url, Domain dan Subdomain
    Materi:
    • Pemahaman Singkat tentang Website dan Blog
    • Pemahaman Internet dan Website
    • Sedikit meninjau tentang URL
    • Apa itu Domain dan Subdomain ?
    • Apa itu Blog dan Apa itu website Platform blogging ?
    • Memilih platform blogging blogger.com
  2. Mulai Membuat Blog di Blogger.com
    Materi:
    • Persiapan Email Google
    • Menyiapkan Profil Blogger: Profil Google+
    • Mulai Membuat Blog Baru
  3. Mengenal menu-menu pada dashboard blogger
    Materi:
    • Apa itu dashboard dalam dunia blogging ?!
    • Mengenal dashboard blogger: Dashboard Umum
    • Mengenal dashboard pada masing-masing blog: Dashboard Khusus
  4. Dashboard Blog: Halaman Overview / Ikhtisar
    Materi:
    • Ketahui informasi apa saja yang terdapat pada halaman overview
    • Ketahui bagaimana cara melihat statistik blog dengan lebih lengkap
  5. Dashboard Blog: Setting awal blog - Judul, deskripsi
    Materi:
    • Ketahui bagaimana cara menentukan judul dan deskripsi Blog
    • Ketahui bagaimana cara mengubah url Blog
  6. Mulai membuat sebuah artikel / postingan
    Materi:
    • Mengenal beberapa element yang terdapat pada halaman insert post
    • Memahami tentang pemilihan mode penulisan pada post
    • Memahami fungsi beberapa menu toolbar dan setting post
  7. Menambahkan gambar pada postingan
    Materi:
    • Upload gambar ke postingan
    • Mengenal menu-menu pada gambar post
    • Pelajari bagaimana cara mengatur posisi gambar
  8. Membuat link pada postingan blog
    Materi:
    • Mengenal apa itu link dan fungsinya
    • Mulai belajar membuat link text
    • Mulai belajar membuat link gambar
  9. Menambahkan video pada postingan
    Materi:
    • Ketahui bagaimana cara menambahkan video dari youtube kedalam postingan blog
  10. Mengenal fungsi jump break pada postingan blog
    Materi:
    • Apa itu fungsi Jump Break di postingan blog ?
    • Cara menambahkan fungsi Jump Break secara Manual
  11. Mengetahui perbedaan antara Laman dan Post
    Materi:
    • Apa itu fungsi laman ?
    • Beberapa perbedaan laman dan Post
  12. Mengenal menu Tata letak / Layout Blog
    Materi:
    • Ketahui apa itu fungsi menu tata letak / layout pada dashboard blog
    • Mulai menambahakn dan mengatur posisi widget blog
  13. Mengenal Menu Template Blog - Mulai Mengatur Tampilan Blog
    Materi:
    • Menganti gambar latar belakang blog
    • Mengatur lebar beberapa elemen blog
    • Pengaturan font dan warna berbagai bagian template

Walaupun pada materi dan panduan blogger pemula diatas anda mungkin akan dibawa pada pembahasan materi-materi tertentu yang (mungkin) telah berada pada level menengah, daftar materi dan panduan diatas umumnya merupakan pengetahuan yang sangat dasar yang (baiknya) harus diketahui terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan kegiatan blogging. Jadi, sebelum anda mempelajari lebih jauh tentang bagaimana cara membangun dan menjaring pengunjung blog, pastikan pengoperasian platform blogging blogger ini telah anda pahami.

Sekarang, jika semua materi dan panduan pemula diatas telah anda baca, pada tahap ini seharusnya anda sudah tidak kesulitan dalam penggunaan beberapa fitur utama yang terdapat pada blogger.com. Saya katakan fitur utama karena tidak semua fitur yang terdapat pada dashboard blogger saya uraikan secara detail pada panduan blogger pemula diatas. Untuk beberapa fungsi yang saya skip, itu artinya anda bisa mempelajarinya nanti ^_^.

Belajar SEO: Berbagai tips dan trik bagaimana membangun dan menjaring pengunjung blog melalui mesin pencari google.com
Poin ini adalah poin dimana kita akan mempelajari berbagai cara yang memang dipercaya dapat meningkatkan pengunjung blog, khsusnya melalui mesin pencari google. Ini akan berkaitan dengan bagaimana cara membuat blog yang baik dimata google, membuat artikel / postingan blog yang berkualitas, beberapa praktek kegiatan promosi blog untuk meningkatkan pengunjung dan lain sebagainya. Untuk materi SEO ini, setiap materi telah saya susun pada halaman khusus panduan SEO.



Belajar HTML, CSS, Javascript: Ketahui bagaimana ketiga teknologi ini berjalan secara bersamaan [Langsung Praktek]
Materi ini mungkin bisa dikatakan sudah berada ada level mahir (kecuali pengetahuan dasar-dasarnya). Pada materi ini anda akan belajar tag-tag HTML pengatur struktur blog, CSS untuk mengatur style tampilan blog, dan Javascript untuk menambahkan fitur-fitur dimanis pada blog.

Khusus untuk materi ini, sebagian mungkin akan menganggap cukup sulit. Ini wajar untuk yang benar-benar baru ^_^. Lagipula, anda tidak harus menguasai semua materi ini untuk dapat mengelolah blog, cukup ketahui dasar-dasarnya saja. Namun, walaupun demikian, saya akan terus mengupdate materi ini dari waktu ke waktu hingga ketingkat yang belum saya ketahui.

Tambahan:
Walaupun anda tidak harus menjadi mahir dalam bidang ini untuk mengelolah blog. Sangat disarankan untuk mempelarasi materi ini sebisa anda. Lakukan secara perlahan ^_^. Kabar baiknya, sebagian besar para blogger anda mendapatkan pemahaman tentang materi ini tanpa harus meluangkan waktu belajar khusus. Dengan kata lain, struktur kode HTML, CSS dan Javascript ini akan perlahan anda pehami seiring dengan berjalankan kegiatan blogging anda ^_^

Materi sedang dalam proses penulisan ^_^

Selain 3 poin utama materi diatas, anda dapat melihat berbagai tips dan trik lainnya seputar dunia blogging melalui label yang terdapat pada navigasi blog. Namun, sebelum itu, karena sebagian besar materi diatas merupakan materi untuk blogger pemula, akan sangat lebih baik jika anda fokus membaca setiap materi diatas terlebih dahulu seblum anda melihat-lehat update lainnya pada wiBlogger.com.

Terkait tutorial dan materi blogger pemula diatas, karena berbagai keterbatasan, anda mungkin akan menjumpai link-link materi yang belum tersedia (sedang dalam penulisan). Untuk mempercepat proses belajar anda, manfaatkan pencarian google ^_^. http://aspirasimahasiswakarimunblog.blogspot.co.id/2016/06/menjadi-seorang-blogger.html

Posting Komentar

0 Komentar